Add Blog

autorun's Blog

September 23rd, 2019
Hanya sebuah tulisan lama, ini hanya sekadar didaur ulang kembali untuk backup. Jadi maklum yah kalau acak-acakan xD

Sebelum mengikuti tulisan ini ada tips yang menarik untuk penggemar anime, coba saja baca: cara mengetahui judul anime dari gambar

Suka ngerasa minder karena dikelilingi orang-orang jenius ? Jadi rendah diri karena ga punya bakat atau kemampuan apapun yang bisa dibanggain ?

Ada satu anime yang sangat saya rekomendasikan untuk kamu yang sedang mengalami hal tersebut, anime itu tidak lain adalah Sakurasou no Pet na Kanojo.

Anime ini sarat nilai perjuangan (untuk pantang menyerah) , dimana sang protagonis utama diposisikan sebagai orang biasa-biasa saja yang harus tinggal di asrama yang semua penghuninya merupakan orang jenius (di bidangnya masing-masing).

Kamu penggemar anime romance yang kurang tertarik dengan cerita seperti ini ? Jangan khawatir, Sakurasou juga mempunyai banyak scene romantis yang cukup menyentuh.



Sekilas Tentang Anime Sakurasou

Sakurasou no Pet na Kanojo merupakan sebuah anime yang diadaptasi dari Light Novel berjudul sama karya Hajime Kamoshida, dengan ilustrasi oleh Keji Mizoguchi. Sakurasou diadaptasi menjadi Anime pada Oktober 2012 sejumlah 24 episode.

Sinopsis Anime Sakurasou

Bercerita tentang kehidupan Kanda Sorata, protagonis utama yang ketahuan memelihara kucing di asrama reguler. Ia pun akhirnya dipindahkan ke asrama sakurasou yang dikenal sebagai tempat murid-murid aneh dan bermasalah.

Kesialan Sorata tidak hanya sampai disitu, ia pun dipaksa untuk bertugas mengurus Shiina Mashiro, murid pindahan dari luar negeri.

Namun lambat laun penilaian Sorata terhadap Sakurasou berubah. Dia mulai merasa nyaman karena di asrama ini dia berhasil menemukan tujuan hidupnya, yakni menjadi programmer dan pembuat game profesional.





Review Anime Sakurasou
Kalau kalian suka anime komedi romantis yang juga memberikan pelajaran-pelajaran penting berupa nilai-nilai kehidupan, mungkin kalian sedang membaca artikel yang sangat tepat.

Karena di post ini saya akan mengulas tentang anime yang mempunyai cerita romantis dan dibalut komedi yang kocak, juga disertai pelajaran-pelajaran penting seputar kehidupan melalui sudut pandang sang protagonis utama.

Berikut adalah beberapa poin penting yang tidak bisa saya lewatkan dari anime ini:



(1) RomCom, RomCom, RomCom !!
Paling ga bisa dilepasin dari anime ini, romance comedy !

Kita mau mulai dari mana nih, cinta segitiganya Kanda Sorata – Aoyama Nanami – Shiina Mashiro ?

Pokoknya kalau udah ngebahas yang ini saya bingung antara mau nikmatin komedi atau justru drama romance nya. 😀

Misal kita lupain komedinya sejenak deh, sebenarnya hubungan antara tiga insan ini cukup membuat batin bergejolak ko. Kalo lagi romantis-romantisan, yang paling keren itu waktu Sorata ngejar-ngejar Shiina terus tiba-tiba meluk karena takut kehilangan, secara dia ngira Shiina mau balik lagi ke luar negeri. Udah sedih-sedih, udah keren scene romancenya, eh malah .. . . (Maaf lagi ga mau nebar spoiler)

Rekomendasi Anime School
Ciyee yang peluk-pelukan.

Kalau sama Nanami, adegan romance paling berkesannya itu waktu Nanami latihan dialog seiyuu bareng Sorata. Ternyata dialognya itu berupa ungkapan perasaan cinta.

Kebayang kan ini latihannya jadi gimana, latihan malah jadi kaya nembak beneran .. weleh-weleh ..

Selain tiga orang itu, jangan lupa juga hubungan cinta gokilnya para senpai, Kamiigusa Misaki dengan Mitaka Jin. Tak lupa juga ada kisah romance antara Akasaka Ryuunosuke dengan Rita Ainsworth.



(2) Penggambaran Karakter yang Menarik
Coba kita absen satu-satu penghuni asrama sakurasou, Chihiro-sensei, Misaki-senpai, Jin-san, Akasaka, Sorata, Shiina, Nanami.

Dan dari semua penghuni sakurasou ini masing-masing mempunyai kepribadian unik walau sebenarnya terkesan aneh.

Chihiro, sebagai seorang guru dia sering mencontohkan sikap yang kurang baik, Misaki tipe orang hiperaktif yang senantiasa membuat heboh suasana, Jin terkenal sebagai playboy kelas kakap, Akasaka ga pernah masuk kelas bahkan keluar kamar pun sangat jarang, Shiina ga bisa ngelakuin apapun dengan benar kecuali menggambar dan melukis.

Di antara semuanya hanya Sorata dan Nanami yang sebenarnya punya kepribadian “agak normal”. Tapi ga bertahan lama juga sih, lama-lama juga mereka ketularan.

Dan uniknya dibalik sifat aneh mereka tersebut, hampir semuanya mempunyai bakat luar biasa. Ada yang jago bikin naskah cerita, ada yang jago gambar manga, ada yang jadi programmer, dll.

Pokoknya sang pembuat cerita kayanya bener-bener ingin menonjolkan kepribadian dari masing-masing penghuni sakurasou.



(3) The Power of Shiina
Terlalu banyak yang bisa diomongin dari si manis yang satu ini. Lemot, ga bisa ngapa-ngapain sendiri, selalu ngerepotin si Sorata, tapi justru jago banget kalo soal ngelukis dan gambar manga.

Kepolosan dan keluguan Shiina cukup membuat banyak ‘anime lover’ jatuh hati. Tak jarang orang yang melabeli chara berambut putih ini sebagai waifu mereka.

Shiina Mashiro Sakurasou
Please, jernihkan pikiran kalian

Sepertinya mereka siap dengan konsekuensi harus mengurus kegiatan sehari-hari Shiina.

Adakah yang masih inget Plan C ?
Adakah yang masih inget Plan C nya Shiina ?



(4) Prinsip Pantang Menyerah dan Menyikapi Kegagalan dengan Cara yang Baik
Ini yang paling saya suka dari Sakurasou. Alih-alih hanya sibuk menyajikan cerita romcom pasaran, mereka juga memberikan beberapa pelajaran penting bagi kita yang bisa diaplikasikan di dunia nyata.

Melalui sudut pandang Sorata kita diajarkan untuk menjadi orang yang berbeda, punya kelebihan, dan serius dalam melakukan pekerjaan (dalam hal ini seperti para murid asrama sakurasou).

Kita juga diajarkan cara menyikapi kegagalan ataupun kekecewaan dengan bijak. Ingat aja waktu Sorata gagal dalam presentasi lomba membuat game, dia berusaha untuk tetap bangkit dan tidak lama bersedih. Kemudian ia dengan jiwa pantang menyerah berusaha mencoba dan belajar lagi cara membuat game untuk lomba selanjutnya.



Selain itu, masih ada lagi poin penting yang bisa kita pelajari, yakni kita tidak boleh minder meskipun dikelilingi orang yang lebih berbakat ketimbang kita.

Sorata sempat merasa minder dan kesal karena ternyata teman seasrama yang ia kira hanyalah kumpulan orang aneh, justru merupakan sekumpulan orang berbakat dan fokus pada apa yang mereka sukai.

Tapi dia berusaha untuk tidak lama-lama down dan menyikapi hal itu dengan cara yang baik.



(5) Sakurasou, sedih juga lhoo . .
Meskipun dibilang anime romance komedi, tapi anime ini juga ga jarang bikin penonton berlinang air mata lhoo. Terutama waktu seisi asrama berusaha membatalkan proyek sekolah yang ingin menghancurkan gedung sakurasou.

Bukan itu aja sih, scene-scene dramanya juga lumayan bikin ngefeel. Ga percaya ? tonton sonoh!

Review Anime Sakurasou
Jangan sampe sedih kaya Nanami ya :)

Kalo kamu orangnya sensi dan gampang ngucurin air mata tiap nonton anime sedih, siapin tisu aja kalo nonton anime yang satu ini. Terutamanya scene acara perpisahan kelas 3.



(6) Mari Nakatsu dan Yoshitsugu Matsuoka
Kali ini saya mau ngucapin terima kasih banget sama Mari Nakatsu yang udah jadi seiyuunya Aoyama Nanami. Dialek kansai dari chara yang satu ini cukup ngena bagi saya dan menambah tingkat kebetahan menonton.

Juga tak lupa pada Matsuoka yang mengisi suara Kanda Sorata. Jujur, pertama kali ngedenger suara Matsuoka jadi chara penggerutu ya di anime ini. Ga nyangka orang yang sebelumnya saya pikir cuma cocok jadi seiyuu karakter cowo-cowo keren ini, ternyata juga hebat ketika jadi karakter yang doyan ngomel.



(7) All About Music
Cuma bisa bilang kalau semua OST anime ini berhasil masuk playlist saya sampai sekarang.



Kayanya saya ngomongin kelebihannya mulu jadi kaya sales yang lagi nawarin produk atau jasanya ya. Hehe ..

Salah satu kekurangan anime ini menurut saya adalah sempat hilangnya keceriaan dan berkurangnya porsi komedi di episode-episode akhir. Namun untungnya, episode penghujung menampilkan lagi kecerian khas sakurasou, ending yang menyenangkan.

Kekurangan keduanya adalah ga ada season lanjutan. Wkwk 😀

Pada akhirnya kebanyakan orang masih berharap anime ini akan mendapat sekuel lanjutan berupa season 2. Namun besar kemungkinan kalau harapan itu hanya akan menjadi sebatas angan-angan.

Lagipula sebagian penggemar yang sudah membaca versi light novelnya justru berharap Sakurasou ini ga perlu ada season lanjutan karena katanya terlalu ‘nyelekit’ ceritanya.

Overall Score: (cek aja list aku)

Kebangetan deh kalau kalian belum nonton salah satu anime school terbaik ini .
Posted by autorun | Sep 23, 2019 2:14 PM | 0 comments
It’s time to ditch the text file.
Keep track of your anime easily by creating your own list.
Sign Up Login